Refreshing Buku KIA

Buku KIA adalah buku KIA yang berwarna Pink yang isinya tentang Penjelasan umum, daftar isi, identitas ibu hamil dan periksa kehamilan. Buku KIA diberikan kepada ibu hamil uyang memeriksakan kehamilan pertama saat hamil ( kunjungan pertama saat hamil). Buku KIA harus di miliki oleh setiap ibu hamil karena berisi hal-hal seputar ibu hamil,bersalin, nifas, dan bayi sampai berumur 6 tahun atau usia pra sekolah. Buku KIA ini gratis bisa didapatkan di Puskesmas (pelayanan Pemerintah. Buku KIA yang baru ini isinya sanagat komplit penuh dengan gambar-gambar yang memberikan penjelasan yang sangat jelas kepada ibu-ibu.

  1. Buku KIA di baca dan di mengerti

Buku KIA di baca dan dimengerti oleh ibu, suami dan anggota keluarga yang lain. Jangan malu untuk bertanya kepada dokter, bidan, perawat, petugas kesehatan lain dan kader jika ada hal yang tidak dimengerti.

. Selalu di bawa

Buku KIA selalu dibawa :

  • Pada saat ibu hamil, bersalin dan ibu nifas serta anak berkunjung ke fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, praktik dokter spesialis,praktek dokter, dan praktek bidan).
  • Pada saat berkunjung ke posyandu, kelas ibu hamil, kelas balita, ke pos PAUD dan BKB.

3. Jangan rusak dan hilang

Buku KIA di jaga jangan rusak dan hilang karena buku KIA berisi informasi dan catatan penting kesehatan ibu, dan anak. Buku KIA juga digunakan pada jaminan kesehatan dan pihak lain diluar sektor kesehatan.

4. Menjelaskan Buku KIA

Tenaga kesehatan dan kader menjelaskan isi buku KIA kepada ibu dan keluarga dan meminta untuk menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *